4 Tips Memulai Bisnis Barang Import Untuk Pemula!

22 Jun 2023 | Sovia Turahmah

Bisnis barang import dapat menjadi sebuah peluang usaha yang layak untuk diseriusi. Pasalnya, tidak semua barang mampu diproduksi di dalam negeri. Tak hanya itu, bisnis impor juga merupakan salah satu strategi untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan pelaku usaha.

Berikut Tips Memulai Bisnis Barang Import untuk Pemula

Tidak perlu bingung jika Anda ingin memulai bisnis ini karena kami telah merangkumnya untuk Anda!

1. Menentukan Negara Asal untuk Import Barang

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan negara asal untuk mengimpor barang. Menjadi seorang importir penting untuk memahami bahwa proses pengiriman barang dari negara asal tidak hanya mempengaruhi harga barang, tetapi juga mempengaruhi keuntungan yang dapat diperoleh dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Selain itu, Anda juga harus dapat memahami Harmonized Commodity Description and Coding System atau dikenal sebagai HS Code yang merupakan kodefikasi barang impor yang tercantum dalam Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI) yang meliputi biaya bea masuk, PPH dan PPN, pengeluaran barang di kantor bea cukai, hingga perijinan import barang untuk mempermudah prosesnya.

2. Cari Supplier dari Negara Tersebut

Ketika Anda telah mendapatkan barang dan negara asal pengiriman, Anda perlu untuk mengetahui supplier komoditas tersebut pada negara asal. Demi mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik, pengimpor harus jeli menemukan calon penyuplai dari negara impor.

Untuk membandingkan calon penyuplai, seorang importir bisa memanfaatkan situs jual beli online atau jasa beli barang global seperti 1688.com, Taobao, T-mall, dan Alibaba.com. Dari cara-cara tersebut, pengimpor bisa mengetahui harga dan keunggulan produk yang ditawarkan masing-masing calon penyuplai, termasuk harga ketersediaan barang dan minimal pemesanan.

3. Pahami Prosedur Pengiriman

Barang yang akan dikirim ke Indonesia harus memenuhi prosedur perdagangan internasional, terutama pengiriman dari negara asal. Prosedur ini ditetapkan dalam peraturan Kementerian Perdagangan. Oleh sebab itu, pengimpor harus memahami dan menaati prosedur penentuan biaya pengiriman dan beacukai, juga harus memilih jasa kargo yang sudah pasti menjamin.

Baca juga: Tips dan Strategi Impor di Tahun 2024

4. Cari Jasa Import Terbaik dengan Proses Mudah

Sebagai seorang importir, Anda bisa memanfaatkan jasa import yang sekarang ada banyak di Indonesia. Dengan jasa import yang baik Anda akan dibantu mulai dari proses pencarian barang, pembelian, dan pembayaran ke supplier. Anda hanya perlu menunggu barang dari berbagai belahan dunia di depan rumah.

Penutup

Jadi, siap memulai petualangan bisnis impor Anda? Dengan Tips Memulai Bisnis Barang Import untuk Pemula yang telah kami sajikan, Anda tak perlu khawatir. Temukan peluang, tentukan negara asal, dan pahami setiap langkahnya. Dengan panduan ini, Anda dapat menjelajahi dunia bisnis global dan meraih kesuksesan. Ayo, buka pintu peluang baru dan wujudkan impian bisnis internasional Anda!"