Mengenal Apa Itu Reefer Container?

28 May 2024 | Baariq Ayumi
Mengenal Apa Itu Reefer Container?

Refrigerated container memainkan peran yang sangat penting dalam rantai pasokan internasional. Container ini didesain khusus untuk membawa berbagai jenis barang yang memerlukan suhu dan kelembapan tertentu agar kualitasnya dapat terjaga selama perjalanan seperti, makanan, minuman, tanaman, hingga obat-obatan.

Pada artikel ini, Ducking ingin menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang reefer container, antara lain pengertian reefer container, cara kerjanya, kebutuhan dayanya, hingga dimensinya.

 

Daftar isi
1. Apa itu Reefer Container?
2. Tipe Reefer Container

2.1 Standard Refrigerated Container

2.2 High Cube Refrigerated Container

2.3 Domestic Refriferated Container

2.4 Dual Zone Super Container

2.5 Cold Storage Complex Container

2.6 Blast Freezers Container

2.7 Super Freezeer Container

2.8 DNV Refrigerated Container

3. Ukuran dan Dimensi Reefer Container
4. Cara Kerja Refeer Container
5. Komponen Reefer Container
6. Daya Listrik Reefer Container
7. Suhu Reefer Container
8. Cara Penyimpanan Reefer Container
9. FAQ
10. Penutup
 

 

Apa itu Reefer Container?

Refrigerated container atau biasa disebut reefer container adalah sebuah peti kemas yang memiliki mesin untuk mempertahankan suhu di dalam peti kemas agar kualitas muatan dapat terjamin. 

Setiap reefer container pasti memiliki alat pendinginnya sendiri, alat tersebut memerlukan daya untuk dapat bekerja menghasilkan udara yang dingin ke dalam container, menjaga suhu, dan kelembapan yang diinginkan.

Tipe Reefer Container

Terdapat berbagai pilihan reefer container yang beredar saat ini untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengiriman dalam ataupun luar negeri, antara lain: 

Standard Refrigerated Container

Ini merupakan jenis yang paling sering digunakan dalam pengiriman barang yang membutuhkan suhu antara 30°C sampai -40°C.

High Cube Refrigerated Container

Semua fitur yang dimiliki oleh jenis ini sama dengan standard refeer container, akan tetapi perbedaannya hanya berada pada tinggi dari container saja.

Domestic Refrigerated Container

Untuk jenis ini memiliki fitur PnP (Plug n Play) sehingga saat proses instalasi menjadi cepat dan efisien. Terdapat beberapa fitur yang sangat membantu seperti adanya GPS dan tracking untuk memantau serta mengaturnya dari jarak jauh.

Dual Zone Super Container

Jenis yang satu ini cukup unik karena terbagi menjadi dua ruang, dimana setiap ruangnya dapat diatur suhu yang berbeda-beda. Sangat cocok digunakan untuk mengirim komoditas yang memiliki perbedaan perlakuan.

Cold Storage Complex Container

Jenis peti kemas ini terdiri dari beberapa reefer container yang digabungkan, sehingga menciptakan ruang yang begitu luas. Jenis ini kerap digunakan oleh industri makanan dan farmasi.

Blast Freezers Container

Peti kemas jenis ini sangat cocok untuk memuat daging dan ikan karena terdapat pengait yang berfungsi untuk menggantungnya secara utuh atau potongan-potongan. Suhu terendah yang dapat dicapai oleh container ini ialah -40°C atau desired temperature.

Super Freezeer Container

Jenis satu ini sangat pas dalam penyimpanan komoditas yang memiliki nilai tinggi, seperti sashimi, bulu babi, atau bulu babi. Maksimal suhu terendah yang dapat dijaga oleh jenis ini yaitu mencapai -70°C.

DNV Refrigerated Container

Jenis yang terakhir ini cocok sekali digunakan untuk pengiriman lepas pantai. Dilengkapi dengan baja corten membuatnya mempunyai tingkat ketahanan yang tinggi.

Ukuran dan Dimensi Reefer Container

Berikut ini ukuran reefer container yang biasa digunakan dalam mengirim barang, antara lain:

Ukuran container 20 feet RF : 6 m x 2,4 m x 2,9 m 
Ukuran container 40 feet RF : 12 m x 2,4 m x 2,9 m

Cara Kerja Refeer Container

Dalam mendinginkan reefer container dilakukan lewat udara, oleh karenanya udara merupakan hal terpenting. Reefer container berfungsi dalam mempertahankan suhu muatannya, bukan untuk menurunkan suhu muatannya. Maka dari itu, disarankan komoditas yang hendak dipindahkan ke dalam reefer container sebaiknya didinginkan ke suhu yang diinginkan terlebih dahulu.

Secara sederhana cara kerja dari reefer container bermula dari sebuah generator atau genset menyediakan daya yang diperlukan bagi mesin pendingin untuk menciptakan udara, lalu udara tersebut diubah oleh kondensor menjadi dingin.

Untuk mengontrol daya, suhu, kadar CO2, dan kelembapan, microprocessor (pencatat data) mencatan dan mengirimkan data secara terus menerus dengan bantuan remote modem. Alat tersebut menyimpan semua data seperti suplai udara, suhu, pencairan es, power on, dan off time.

Selain itu, reefer container dilengkapi dengan sistem drainase internal untuk membuang kelebihan air yang ada di dalam container dan didesain untuk mencegah ari atau serangga masuk ke container.

Komponen Reefer Container

  • Interior fans: Kipas interior berada di dalam container yang berfungsi untuk menyebarkan udara ke setiap ruang agar stabilitas suhu di dalamnya dapat terjaga.
  • Control Unit: Funsi dari komponen ini ialah untuk mengatur segala sesuai mengenai suhu, alarm, tingkat ventilasi dan kelembaban.
  • Fresh air vent: Lubang ventilasi ini berfungsi agar udara segar masuk dari luar dan gas dari container dapat keluar.
  • Unit evaporator: Evaporator unit ini memiliki fungsi dalam membantu menjaga kelembapan di dalam container agar kualitas dari komoditas yang sedang dibawa selalu dalam kondisi yang baik.
  • Condenser: Kondensor ini berfungsi dalam mengkonversi suhu panas menjadi dingin di dalam container.
  • Voltage transformers: Biasa disebut dengan trafo, kegunaannya sendiri untuk mengatur tegangan pada suatu sistem ke tingkat yang dianggap aman.

Daya Listrik Reefer Container 

Daya listrik yang dimiliki di tiap ukurannya berbeda-beda, berikut ini rinciannya:

Container 20 feet RF : 20.500 BTU/HR 5995 Watt
Container 40 feet RF : 35.000 BTU/HR 10236 Watt

Sebelum dilakukan instalasi, di tempat pemuatan diperlukan peralatan listrik 3 Phase dan 380 Volt supaya container dapat digunakan dengan baik.

Suhu Reefer Container

Suhu reefer container biasanya berada pada kisaran -30°C dan +30°C. Namun, ada juga special reefer container yang mana dapat mencapai suhu terendah di -70° C. 

Cara Penyimpanan Reefer Container

Barang yang dapat dimuat pada reefer container tidak dapat dimaksimalkan ruangnya seperti pada dry container dikarenakan perlu adanya ruang udara untuk dapat bergerak ke segala penjuru container.

Setiap barang memiliki cara penyusunannya masing-masing, contohnya barang beku yang harus ditumpuk bersebelahan agar tidak ada celah antara muatan dan dinding, tujuannya agar menjaga suhunya tetap rendah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, perlu diingat untuk mendinginkan barang terlebih dahulu sebelum dimasukan ke reefer container.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan reefer container?
Container reefer adalah container pengiriman yang dilengkapi dengan pendingin untuk menjaga kualitas muatannya.

Reefer container digunakan untuk apa?
Reefer container biasa digunakan untuk memuat komoditas yang perlu dijaga kualitasnya, seperti daging, ikan, buah, sayur, susu, hingga vaksin.

Kontainer pendingin namanya apa?
Kontainer pendingin biasa disebut sebagai Reefer Container, Refrigerated Container, ataupun disingkat menjadi RF.

Penutup

Begitulah pembahasan lengkap mengenai salah satu jenis container yang begitu penting dalam menjaga rantai pasokan di dunia ini. 

Semoga artikel yang Ducking sajikan kepada Anda bermanfaat, jika ada kendala apapun mengenai import jangan sungkan untuk langsung hubungi Ducking sekarang juga!


Sumber: 

101 REEFER CONTAINER: EVERYTHING YOU NEED TO KNOW - Identec Solutions

REFRIGERATED CONTAINER BARU & REEFER BEKAS HARGA TERBAIK - Tradecorp Indonesia

Spesifikasi Container Reefer - Container Zona

Tags


Artikel Terbaru