20 Jenis-Jenis Container Berdasarkan Ukuran dan Muatannya

07 May 2024 | Baariq Ayumi
20 Jenis-Jenis Container Berdasarkan Ukuran dan Muatannya

Di dalam dunia ekspor impor, container acap kali diberdayakan untuk memuat barang dalam jumlah yang sangat banyak dari satu daerah ke daerah lainnya melalui jalur darat ataupun laut. 

Peti kemas sendiri atau container adalah suatu alat penyimpanan barang yang biasanya digunakan oleh importir atau eksportir dalam mengangkut barang-barangnya dari negara asal ke negara tujuan.

Terdapat banyak pilihan jenis peti kemas yang dimanfaatkan saat ini, oleh karenanya wajib untuk yang ingin memulai usaha ekspor impor menguasai pengetahuan dasar mengenai peti kemas, agar barang yang hendak diekspor atau diimpor dimuat dengan container yang tepat. 

Meskipun cukup banyak jenis peti kemas saat ini mulai dari perbedaan bentuk, ukuran, hingga fungsinya, tapi setiap jenis peti kemas sudah dipastikan lulus ISO untuk memastikan keamanan alat dalam pengangkutan barang. Mari simak artikel berikut ini!

 

Daftar isi
1. Jenis Container Berdasarkan Ukuran Container

1.1 Ukuran Container 10 Feet

1.2 Ukuran Container 20 Feet

1.3 Ukuran Container 40 Feet

1.4 Ukuran Container 45 Feet

1.5 Ukuran Container 60 Feet

2. Jenis Container Berdasarkan Muatannya

2.1 Dry Container Standard

2.2 Open Top Container

2.3 Flat Rack Container

2.4 Open Side Container

2.5 Refrigerated Container

2.6 Insulated Container

2.7 Heated Container

2.8 ISO Tank Container

2.9 Cargo Storage Container

2.10 Half Container

2.11 Car Carrier Container

2.12 Fantainer/Ventilation Container

2.13 Special Purpose Container

2.14 Tunnel Container

2.15 Hanger Container

3. Penutup
 

 

Jenis Container Berdasarkan Ukuran Container

Container dengan ukuran 10 feet masih cukup jarang kita jumpai di jalan, dikarenakan kapasitasnya yang sangat terbatas. Daripada difungsikan sebagai peti kemas, container ini justru lebih sering dimanfaatkan sebagai ruang kantor, tempat perlindungan telekomunikasi, Remote Terminal Unit (RTU), gudang, hingga loket-loket tiket ataupun keamanan.

Peti kemas dengan ukuran 20 feet ini sangat populer dan sangat sering kita jumpai di jalan-jalan. Tidak jarang juga container ini dimanfaatkan tidak sebagai peti kemas, akan tetapi dimanfaatkan juga sebagai laboratorium, cafe, kantor, dan lain-lain.

Selain ukuran 20 feet, container dengan ukuran 40 feet juga sering kali digunakan sehingga kerap kita temui di jalan raya. Container ini selain dimanfaatkan sebagai pengangkut barang, banyak juga digunakan untuk restoran, cafe, laboratorium, hingga tempat tinggal

Ukuran Container 45 feet

Ukuran Container 45 Feet

Peti kemas 45 feet muatannya lebih banyak dibandingkan dengan container 40 feet high cube. Selain diberdayakan untuk membawa muatan, container dengan ukuran 45 feet juga tidak jarang digunakan menjadi tempat tinggal sementara di proyek-proyek untuk menghemat biaya, office container, cafe container, dan klinik darurat.

Ukuran Container 60 feet

Ukuran Container 60 feet

Peti kemas ini adalah ukuran paling besar yang diproduksi saat ini. Begitu jarang dijumpai karena container ini dibuat hanya untuk memuat kargo tertentu, ditambah sulit digunakan kembali untuk tujuan yang sama ataupun tujuan .

Jenis Container Berdasarkan Muatannya

Dry Container Standard

Dry Container Standard

Container jenis ini merupakan container yang terlampau sering kita jumpai, hal ini disebabkan oleh tidak perlunya persyaratan khusus terkait barang yang diangkutnya. Barang yang biasanya diangkut oleh container standard ini ialah muatan-muatan kering yang tidak membutuhkan suhu tertentu.

Open Top Container

Open Top Container

Jenis container satu ini bagian atasnya bisa dibuka, sering dimanfaatkan untuk memuat barang yang tingginya lebihi tinggi dari peti kemas itu sendiri seperti peralatan-peralatan berat, bahan banguinan, kayu, dan lain sebagainya.

Flat Rack Container

Flat Rack Container

Peti kemas satu ini tidak memiliki penutup di bagian atas, sisi kanan dan  kiri, namun terkadang sisi belakangnya juga tidak ada. Biasanya container jenis ini diberdayakan guna memuat barang yang tidak dapat dimuat ke dalam dry container standard, seperti gulungan kabel, truck besar, kayu utuh, dan lain-lain.

Open Side Container

Open Side Container

Sama seperti Open Top Container yang memiliki bukaan selain dari belakang, untuk container jenis ini ada tambahan bukaan di bagian sebelah kanan dan kiri. Tujuannya beguna dalam memudahkan barang yang sangat panjang dimuat ke container. 

Refrigerated Container

Refrigerated Container

Container ini bentuknya sama seperti dry container standard, namun ia mempunyai fitur pendingin untuk mempertahankan suhu muatan di dalamnya. Refrigerated container amat berguna saat memuat barang yang harus dijaga kualitasnya seperti daging, buah, sayur, serta bahan-bahan kimia.

Insulated Container

Insulated Container

Peti kemas ini serupa dengan refrigerated container, perbedaannya ialah fitur yang berada pada container ini berfungsi untuk mengatur suhu tertentu. Sangat cocok untuk memuat barang-barang yang harus diperlakukan secara khusus.

Heated Container

Heated Container

Container ini hampir mirip dengan refrigerated container, bedanya terdapat pada fitur yang dimilikinya yaitu fitur pemanas untuk memastikan kualitas muatan yang dimuat. Peti kemas jenis ini sangat pas untuk memuat barang-barang yang memerlukan suhu-suhu yang tinggi.

ISO Tank Container

ISO Tank Container

ISO Tank sangat jarang sekali ditemui di jalan, bagian dalamnya memuat tabung yang serupa dengan tabung yang dibawa oleh truck pertamina. Container ini didesain khusus untuk membawa tabung yang berisi cairan seperti minyak dan bahan-bahan kimia lainnya.

Cargo Storage Roll

Cargo Storage Roll

Dalam industri logistik, penggunaan cargo storage roll dapat membantu dalam mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan dan mempercepat proses pengangkutan barang.

Half Container

Half Container

Sama persis sepertinya sebutannya, peti kemas jenis ini memiliki tinggi separuh dari container standard biasanya. Walupun container jenis ini besarnya hanya separuh dari container pada umumnya, akan tetapi kekuatan muatnya tidak perlu diragukan. Pasalnya barang yang dimuat cukup berat serta padat, seperti pasir, semen, bebatuan, dan sebagainya.

Car Carrier Container

Car Carrier Container

Bentuk peti kemas satu ini serupa dengan dry container standard, akan tetapi perbedaannya hanya ada di bagian dalamnya saja, dimana terdapat 2 tingkat khusus untuk memuat mobil saja.

Fantainer/Ventilation Container

Fantainer/Ventilation Container

Bentuknya sama seperti dry container standard, akan tetapi peti kemas ini dilengkapi dengan ventilasi yang berguna untuk menjaga kelembaban. Terdapat 2 tipe pada jenis ini, yaitu ventilasi alami dan ventilasi mekanik.

Special Purpose Container

Special Purpose Container

Container jenis ini didesain unik, tidak tampak serupa dengan peti kemas biasanya. Produksi peti kemas ini begitu sedikit karena dibuat untuk kebutuhan khusus terkait keamanan. Biasanya digunakan untuk mengirim senjata, obat-obatan, bahan berbahaya, dan sebagainya.

Tunnel Container

Tunnel Container

Peti kemas jenis ini sama seperti dry container standard, perbedaannya hanya berada pada jumlah bukaannya. Tunnel container memiliki 2 bukaan yang berada di bagian depan dan belakang.

Hanger Container

Hanger Container

Container ini bentuknya juga sama seperti dry container, yang membedakannya hanya fitur di dalamnya yaitu terdapat gantungan di dalam peti kemasnya. Biasanya dipakai ketika memuat busana yang patut dijaga kondisinya.

Penutup

Itulah beberapa jenis container yang telah Ducking rangkum khusus untuk Anda. Sebelum melakukan kegiatan ekspor impor, sesuaikanlah jenis container dengan jumlah dan karakteristik barang yang ingin Anda impor ataupun ekspor.

Jika Anda memiliki kendala dalam menentukan jenis peti kemas untuk impor, konsultasikan pada Ducking secara gratis sekarang!

Tags


Artikel Terbaru