Open Side Container: Pengertian, Ukuran, dan Kelebihannya

10 Jun 2024 | Baariq Ayumi
Open Side Container: Pengertian, Ukuran, dan Kelebihannya

Pernahkah Anda melihat kargo yang sedang dimuat pada kontainer pengiriman menggunakan traktor atau alat berat dan tidak bisa masuk di pintu masuk? Bagaimana solusi untuk memasukkannya?

Solusi di atas dapat dijawab dengan kehadiran open side container, di kesempatan kali ini Ducking akan mencoba mengulas semua hal yang perlu Anda ketahui dari open side container, mulai dari pengertiannya, keunikannya, cara membuka pintunya, hingga kelebihannya.

 

Daftar isi
1. Apa itu Open Side Container?
2. Ukuran dan Dimensi Open Side Container
3. Cara Membuka Open Side Container?
4. Kelebihan Open Side Container
5. Penutup
 


Apa itu Open Side Container?

Open sided container atau open side container adalah kontainer yang memiliki pintu bukaan di salah satu bagian sampingnya. Jadi, terdapat dua pintu bukaan, satu pintu berada seperti biasa di bagian belakang kontainer, sedangkan satunya ada di bagian samping atau di sisi panjang dari badan container.. 

Fungsi bi-fold pada pintu samping memungkinkan adanya dua ukuran bukaan. Misalnya, pada container dengan bukaan samping ukuran container 20 feet, engsel awal yang berayun terbuka paling dekat dengan bagian tengah wadah akan menghasilkan bukaan berukuran delapan kaki. Anda kemudian dapat membuka pintu samping satunya lagi agar dapat membuat bukaan hampir 20 feet. Itulah sebabnya sebutan lain dari kontainer ini adalah “full-side container”.

Ukuran dan Dimensi Open Side Container

Open side container tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran container 20 feet hingga ukuran container 40 feet HC. Berikut adalah dimensi pasti untuk setiap ukurannya:

  • Dimensi eksternal 

Open side 20 feet : 20 feet x 8 feet x 8 feet 6 inch
Open side 40 feet : 40 feet x 8 feet x 8 feet 6 inch
Open side 40 feet HC : 40 feet x 8 feet x 9 feet 6 inch

  • Dimensi internal

Open side 20 feet : 19 feet 3 inch x 7 feet 8 inch x 7 feet 9 inch
Open side 40 feet : 39 feet 5 inch x 7 feet  8 inch x 7 feet 9 inch
Open side 40 feet HC : 39 feet 5 inch x 7 feet 8 inch x 8 feet 10 inch

Selain untuk pengiriman, open side container bisa dimanfaatkan untuk memajang etalase toko atau sebagai kios informasi atau penjualan di pameran dagang atau festival. Ini akan menjadi alternatif yang sangat baik bagi pemilik bisnis dan memodifikasi kontainer pengiriman dengan bukaan samping dan menjadikannya salah satu ruang ritel utama mereka.

Cara Membuka Open Side Container?

Membuka open side container sangatlah mudah, pintunya dibuat hampir sama dengan pintu biasa di ujung sempit kontainer pengiriman.     Pintunya dapat dibuka dari dalam ataupun luar tergantung pada pegangan yang disertakan dengan unit atau bisa juga dibuat pegangan untuk menyesuaikan kebutuhan.

Pintu biasanya terbuka 270° penuh, memungkinkan untuk memindahkan kargo lebar ke dalam kontainer pengiriman dan menikmati mobilitas penuh tanpa membuat kargo tersangkut di kedua pintu. 

Beberapa kontainer dengan bukaan samping dilengkapi pintu yang memiliki penutup air untuk membantu menjaga muatan interior dan kontainer aman dari kerusakan air dan beberapa jenis hama.

Sebagai alternatif, beberapa jenis container pengiriman dengan bukaan samping mungkin menggunakan pintu roller daripada pintu biasa. Pintu rol ini akan terbuka dari bawah ke atas dan bergulir ke sisi atas kontainer. Ini ideal untuk memuat kargo yang lebih besar dari rata-rata ke dalam kontainer.

Kelebihan Open Side Container

Open side Container memiliki begitu banyak keunggulan, terutama jika dibandingkan dengan dry container standard.

  • Kemudahan Bongkar Muat Kargo 

Open side container lebih mudah diisi dan dikosongkan. Anda dapat memasukkan berbagai benda ke dalam peti kemas melalui pintu samping. Jika Anda perlu memindahkan palet, forklift juga dapat menggunakan pintu samping untuk memudahkan akses.

  • Menyimpan Barang Besar

Benda-benda yang besar atau berbentuk aneh mungkin tidak dapat masuk melalui pintu kontainer biasa. Pintu samping dapat membantu Anda menyimpan barang-barang ini. Ini berarti Anda dapat memasukkan lebih banyak jenis barang ke dalam container untuk dikirim.

  • Kemudahan Akses Barang

Kontainer biasa memiliki pintu di depan atau belakang. Hal ini membuat sulit untuk meletakkan barang di tengah atau belakang kontainer. Open side container lebih baik karena Anda dapat membukanya dari samping dan mengambil barang di tengah tanpa mengeluarkan barang lain terlebih dahulu.

  • Multifungsi

Memiliki pintu samping yang berada pada peti kemas dapat membantu Anda memanfaatkannya lebih banyak. Bisa digunakan untuk lebih banyak hal, seperti jika Anda sedang membangun toko atau kafe, bukaan sampingnya bisa berfungsi seperti lorong ke area lain.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini dari Ducking, pahamilah berbagai pilihan jenis container yang ada saat ini dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Percayakan semua urusan importmu kepada Ducking, jangan sungkan untuk konsultasikan masalahmu karena tidak ada biaya sama sekali alias gratis! Jadi, tunggu apalagi?

 

Sumber:

All You Need to Know About Side Open Shipping Containers - On Site Storage Solutions

Find Out Why People Are Switching to Side Opening Containers - Rent-a-Container

Tags


Artikel Terbaru