Apa Itu CBM: Rumus dan Cara Menghitung Kubikasi / CBM

07 Jun 2024 | Baariq Ayumi
Apa Itu CBM: Rumus dan Cara Menghitung Kubikasi / CBM

Setelah mengetahui berbagai jenis container beserta ukurannya, selanjutnya yang perlu Anda ketahui ialah cara menghitung muatan pada containernya. 

Ada dua strategi yang digunakan dalam pengisian untuk pemuatan kontainer. Pertama, kontainer “memuat di tanah”, yang menjaga permukaan tanah. Jika bagian bawah kontainer tertutup, barang tidak dapat berpindah dari satu sisi ke sisi lainnya.

Kedua, membuat partisi atau sekat. Ini terjadi ketika Anda memuat kontainer dari lantai ke langit-langit dan membangun dinding agar barang tidak jatuh ke ruang kosong. Anda bisa membangun dinding dengan papan triplek dan kayu berukuran 4×4.

Langsung saja kita simak pembahasan di bawah mengenai cbm dan cara menghitungnya.

 

Daftar isi
1. Apa itu CBM?
2. Cara Menghitung Kubikasi / CBM

2.1 Cara Menghitung CBM untuk Container 20 feet dan 40 feet

2.2 Cara Menghitung CBM Barang

2.3 Cara Menghitung Muatan Kontainer

3. FAQ
4. Penutup
 

 

Apa itu CBM dalam Pengiriman?

CBM adalah singkatan dari cubic meter, yang mana itu adalah satuan ukuran internasional dan di Indonesia sendiri kita lebih mengenalnya dengan nama volume. 

Cara Menghitung Kubikasi / CBM

Meskipun kontainer tersedia dalam berbagai ukuran, satuan standarnya adalah unit yang sesuai dengan kontainer 20 kaki atau unit yang sesuai dengan kontainer 40 kaki.

Untuk mengemas container tersebut dengan benar, lebar, tinggi dan panjang container harus diukur dan dikalikan terlebih dahulu, lalu barangnya dan terakhir tinggal disesuaikan saja.

Cara Menghitung CBM untuk Container 20 feet dan 40 feet

Untuk menghitung CBM untuk kontainer 20 ft dan ukuran kontainer 40 ft Lihat di bawah ini kapasitas rata-rata CBM untuk setiap kontainer:

Cara Menghitung CBM Barang

Container 20 feet cukup dengan menggunakan rumus menghitung detail CBM barang Anda namun harus diketahui panjang, lebar, tinggi dan jumlah kartonnya.

Rumus perhitungan CBM yaitu: 
Panjang (cm) x Lebar (cm) x Tinggi (cm) x Jumlah karton (pcs) / 1000000 =  Total CBM barang Anda.

Contoh: 

Jika ukuran karton 70 x 50 x 20 cm.

Jumlah karton 400 pcs.

Sesuai rumus: 70 x 50 x 20 x 400 / 1000000 = 28 CBM 

Cara Menghitung Muatan Kontainer

  • Langkah 1: 

Hitung ukuran kubik setiap barang yang akan dimuat. Saat mengukur dalam satuan kaki, kalikan panjang, lebar, dan tinggi benda untuk mendapatkan totalnya dalam kaki kubik. Untuk inci, kalikan panjang, lebar, dan tinggi dalam inci, lalu bagi totalnya dengan 1.728 untuk mendapatkan angka dalam kaki kubik.

Dan jika ingin dalam satuan meter, kalikan panjang, lebar, dan tinggi benda tersebut untuk mendapatkan totalnya dalam meter kubik, lalu kalikan totalnya dengan 35,315 untuk mendapatkan angka dalam kaki kubik.

  • Langkah 2: 

Kalikan total kaki kubik dengan jumlah benda dengan ukuran tersebut untuk dimasukkan ke dalam kontainer. Periksa total kaki kubik akhir semua barang kargo dengan kapasitas kaki kubik kontainer.

  • Langkah 3: 

Hitung berat keseluruhan muatan dengan mengalikan berat setiap barang yang akan dimuat. Pastikan untuk tidak melebihi batas berat maksimum kontainer.

FAQ

Berapa banyak palet yang dapat dimuat dalam kontainer berukuran 40 kaki?

Nama lain dari palet standar adalah palet industri. Dimensi palet standar adalah lebar 1000 mm dan panjang 1200 mm. Anda dapat memasang maksimal 21 palet standar dalam kontainer berukuran 40 kaki di beberapa unit muatan kontainer.

Berapa berat yang dapat dimuat oleh kontainer berukuran 20 kaki dan kontainer berukuran 40 kaki?

Kontainer berukuran 20 kaki dirancang untuk membawa beban lebih banyak daripada muatan besar. Contohnya adalah mineral, logam, mesin, gula, kertas, semen, gulungan baja, semuanya merupakan muatan berat.

Di sisi lain, kontainer berukuran 40 kaki dirancang untuk membawa barang berukuran besar daripada barang berat. Contohnya adalah furnitur, pipa baja, kertas bekas, kapas dan tembakau, yang semuanya merupakan muatan berukuran besar.

Meskipun Anda tidak dapat mengemas dua kali berat kargo kontainer berukuran 20 kaki dalam kontainer berukuran 40 kaki, Anda pasti dapat mengemas lebih dari dua kali kapasitas pemuatan kontainer berukuran 20 kaki dalam kontainer berukuran 40 kaki.

Penutup

Begitulah artikel singkat yang bisa Ducking bagikan kepada Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya yang akan membahas mengenai 1 kubik berapa kg. Sebelum memesan jasa logistik pastikan dahulu kubikasi barang yang hendak Anda kirim, jangan sampai melebihi dari kapasitas containernya.

Jika masih ada kesulitan, Anda bisa memastikan keperluan container yang dibutuhkan dalam import melalui Ducking, gratis!

Tags


Artikel Terbaru