Open Top Container: Pengertian, Kegunaan, dan Kelebihannya

04 Jun 2024 | Baariq Ayumi
Open Top Container: Pengertian, Kegunaan, dan Kelebihannya

Sebelumnya kita telah membahas berbagai macam container, mulai dari apa itu reefer container, flat rack container, dan terakhir iso tank container. Di kesempatan ini, Ducking mau membahas jenis container yang tidak kalah unik dari sebelumnya yaitu open top container

Open top container atau kontainer dengan atap terbuka adalah solusi alternatif untuk pengiriman internasional yang dinamis saat ini. Peti kemas unik satu ini dimaksudkan untuk menampung beragam barang, sehingga menciptakan moda transportasi yang adaptif dan praktis.

Menarik sekali pembahasan kali ini karena Ducking akan kupas tuntas tentang open top container. Ducking juga akan membahas perbedaan penggunaan di berbagai sektor dan spesifikasi kontainer atap terbuka dibandingkan dengan transportasi kontainer standar.

 

Daftar isi
1. Apa Itu Open Top Container?
2. Kegunaan Open Top Container
3. Spesifikasi dan Fitur Open Top Container
4. Dimensi Open Top Container
5. Kapasitas Open Top Container
6. Biaya Open Top Container
7. Penutup
 


Apa Itu Open Top Container?

Open top container adalah salah satu container pengiriman internasional yang paling standar. Ia memiliki karakteristik yang membuatnya sangat unik. 

Kontainer dengan atap terbuka adalah biasanya hanya ada dengan ukuran 20 kaki atau 40 kaki dan memiliki perbedaan yang mencolok, seperti namanya, terbuka di bagian atas dan ditutup dengan terpal jika memungkinkan. 

Kegunaan Open Top Container

Alasan berbagai industri menggunakan open top container ialah karena desain dan fitur unik dari muatannya. Berikut beberapa kegunaan penting:

  • Pengangkutan Alat Berat 

Mesin dan peralatan besar yang tidak dapat dibongkar-bongkar seringkali dipindahkan dengan bantuan alat pengangkut peti kemas yang atapnya terbuka. Contohnya yaitu mesin industri, peralatan bangunan, dan juga suku cadang besar.

  • Pengangkutan Kargo Curah 

Kontainer terbuka adalah metode pengiriman yang paling umum digunakan dalam industri pengolahan dan pengiriman besi tua, kayu, atau kertas dalam jumlah besar. Desain terbuka memberikan akses bebas untuk memuat dan membongkar material dengan bentuk tidak beraturan.

  • Pengiriman Kargo Proyek 

Pergerakan barang yang tidak standar dan berukuran besar biasanya sangat erat kaitannya dengan proyek konstruksi besar. Peti kemas dengan atap terbuka sangat diperlukan dalam keadaan seperti itu, muatan proyeknya seperti generator, turbin, dan juga komponen proyek infrastruktur.

  • Pertanian 

Kontainer atap terbuka sangat cocok untuk pengiriman banyak produk pertanian, seperti biji-bijian atau bal jerami. Desain pemuatan atas pada produk ini mempermudah pengelolaan dan penumpukan produk, sehingga menghasilkan logistik yang sangat efisien dalam industri pertanian.

  • Penutup Terpal 

Menggunakan penutup terpal pada kontainer terbuka membantu melindungi muatan dari berbagai ancaman. Penutup yang kuat ini melindungi muatan dari hujan, angin, dan fenomena alam lainnya selama transit, sehingga tiba di sasaran dalam keadaan utuh.

Spesifikasi dan Fitur Open Top Container

  • Bahan: Wadah ini biasanya dibuat dari baja; penggerak kontainer terbuka memiliki masa pakai yang panjang dan membantu mengangkut muatan besar atau berbentuk aneh dengan aman.
  • Penutup Terpal: Di bagian atas atap konvertibel terdapat terpal tahan cuaca, yang melindungi muatan dari faktor lingkungan saat bergerak.
  • Bongkar muat: Opsi terbuka memudahkan bongkar muat kargo melalui crane atau alat pengangkat lainnya.
  • Kargo Berukuran Besar: Solusi untuk kargo berukuran besar adalah open top container yang membuat penanganan pengiriman dalam jumlah besar menjadi lebih mudah.
  • Persyaratan Pemuatan Atas: Kontainer dengan atap terbuka menawarkan aksesibilitas untuk barang yang memerlukan pemuatan atas dalam hal dimensi atau bentuk.
  • Perlindungan dari Elemen: Dalam hal muatan terkena kondisi cuaca, dan pada saat yang sama volumenya harus dijaga, jenis kontainer ini memiliki keunggulan desain tertutup namun terbuka.

Dimensi Open Top Container

Dimensi eksterior 20 feet : 20’ x 8’ x 8’ 6’’
Dimensi interior 20 feet : 19’ 4’’ x 7’ 9’’ x 7’ 10’’

Dimensi eksterior 40 feet : 40’ x 8’ x 8’ 6’’
Dimensi interior 20 feet : 39’ 6’’ x 7’ 9’’ x 7’ 10’’

Kapasitas Open Top Container

Berat maksimal 20 feet : 28 ton
Berat maksimal 40 feet : 30 ton

Biaya Open Top Container

Biaya menggunakan open top container biasanya dihitung dari harga container standard ditambah biaya tambahan yang dikenakan di tempat tujuan. Harganya tidak pasti karena tergantung rute dan permintaan pengembalian container berisi barang yang dituju.

Harga-harga ini dikunci setiap kontainer dalam keadaan barang tidak menonjol ke atas kontainer. Jika barang menonjol, harga bisa sangat berfluktuasi, hal ini dikarenakan karena oleh tidak mungkinnya container ditumpuk bersama dengan container lainnya.

Oleh karenanya, butuh ruang lebih untuk dapat menempati ruang di kapal, sehingga jenis container ini tidak ekonomis bagi perusahaan pelayaran.

Penutup

Dalam dunia pelayaran yang kompleks, peti kemas dengan atap terbuka menjadi solusi rasional dan mudah beradaptasi untuk memindahkan kargo tidak beraturan berukuran besar. Penerapan ini banyak dilakukan di berbagai industri, mulai dari mesin berat hingga material curah karena menawarkan mekanisme transportasi yang dapat diandalkan. 

Memiliki pengetahuan tentang spesifikasi peti kemas jenis ini, Anda juga dapat mengembangkan strategi logistik yang lebih efisien dan akurat untuk mengirimkan produk ke/dari luar negeri.

Jika Anda memiliki kesulitan dalam melakukan import barang dari berbagai negara, langsung saja hubungi Ducking untuk konsultasi sekarang juga, jangan khawatir layanan konsultasinya gratis!
 

Sumber: 

Open Top Container - iContainers

Open Top Container: Everything You Need To Know - Heavy Equipment Transport

 

 

Tags


Artikel Terbaru