5 Alternatif Marketplace Pengganti AliExpress di Indonesia

21 Apr 2025 | Baariq Ayumi
5 Alternatif Marketplace Pengganti AliExpress di Indonesia

AliExpress adalah pasar raksasa dari China yang menawarkan harga rendah untuk dropshipper atau reseller. Namun, ada beberapa kekurangannya yaitu, pengiriman lambat, kualitas buruk, dan kurangnya dukungan ialah beberapa masalah yang dilaporkan pengguna dari platform China tersebut.

Tak perlu khawatir karena AliExpress Indonesia ditutup oleh pemerintah. Ada banyak sekali pasar grosir dan dropshipping yang kurang dikenal di luar sana, yang menunggu Anda untuk menemukannya. AliExpress bukanlah satu-satunya yang dapat memasok toko online Anda.

Jadi dalam artikel ini admin akan coba memperkenalkan Anda dengan beberapa marketplace China alternatif pengganti AliExpress di Indonesia, simak artikel di bawah ini!

 

Daftar isi
1.Alibaba
2. Taobao
3. Tmall
4. 1688
5. JD
6. Titip Import Barang dari China dengan Ducking!
 

 

Alibaba adalah salah satu platform e-commerce pertama di Tiongkok dan pasar daring terbesar di dunia. Perbedaan Alibaba dan AliExpress paling mencolok yaitu terletak pada formatnya, dimana Alibaba memiliki format B2B, sedangkan AliExpress B2C.

Platform serupa Amazon asal China ini diluncurkan pada tahun 1999 oleh Alibaba Group sebagai ruang berinteraksi antara pengusaha dari berbagai negara. Di platform ini, mereka dapat saling berhubungan secara langsung: melakukan negosiasi, memesan sampel produk, dan mengatur pengiriman.

Saat ini, Alibaba menyediakan akses ke situsnya bagi 190 juta pembeli dari seluruh dunia, dan situs tersebut diterjemahkan ke dalam 15 bahasa. Baca artikel Ducking sebelumnya mengenai cara belanja di Alibaba.

Gagasan perusahaan e-commerce Alibaba, Taobao adalah mal internet raksasa yang muncul pada tahun 2003, merupakan pasar terkemuka di Tiongkok. Marketplace ini menjual barang dalam segmen B2C (bisnis ke konsumen) dan C2C (konsumen ke konsumen).

Anda dapat membeli apa saja mulai dari casing ponsel hingga suku cadang mesin CNC di Taobao dan yang terpenting harganya yang relatif murah. Menariknya, prinsip pengoperasian situs ini mengingatkan kita pada pasar tradisional, tempat pembeli dan penjual dapat menawar dengan bebas. Jumlah pengguna di situs ini memecahkan semua rekor 900 juta orang per bulan.

Sejak awal berdirinya, Taobao mulai berkembang pesat, dan seiring berjalannya waktu, merek-merek besar mulai membuka toko di aplikasi Taobao. Oleh karena itu, pada tahun 2008, manajemen meluncurkan versi premium Taobao yaitu Tmall, dan kemudian Tmall Global. Baca artikel Ducking sebelumnya yaitu cara belanja di Taobao.

Tmall ditujukan untuk perusahaan besar yang menjual merek terkenal kepada konsumen Tiongkok. Platform ini menawarkan berbagai macam penawaran dari berbagai kategori, seperti olahraga, kosmetik, tekstil, mobil dan sepeda motor, serta makanan.

Saat ini, pasar tersebut memiliki lebih dari 500 juta pengguna dan 150 ribu penjual. Untuk waktu yang lama, sulit bagi perusahaan asing untuk memasuki platform e-commerce tanpa kantor perwakilan resmi di Tiongkok. 

Pada tahun 2014, pemilik Alibaba meluncurkan Tmall Global. Menurut aturan situs baru tersebut, tidak menjadi masalah di negara mana pemasok tersebut terdaftar dan apakah ia memiliki rekening di bank Tiongkok. Begitulah cara barang-barang Eropa dan Amerika mengalir ke Tmall Global.

Saat ini, Tmall Global menampung 20 ribu merek dari 77 negara. Sebagian besar berasal dari AS, Kanada, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, dan Jepang. Perusahaan asing menerima pendapatan mereka dalam berbagai mata uang, termasuk mata uang kripto.

1688 adalah toko online China lainnya yang dimiliki oleh Alibaba, situs perdagangan B2B terbesar. Ditujukan secara eksklusif untuk pembeli grosir Tiongkok yang kemudian dijual kembali ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Mengapa platform tersebut memiliki nama seperti itu? 1688 dalam bahasa Mandarin terdengar seperti “Yi Liu Ba Ba”, hampir seperti “Alibaba”. Pasarnya serupa, namun tidak seperti alibaba.com, harga produk yang ditawarkan di 1688 jauh lebih rendah dan minimal ordernya tidak ada.

Hal itu lah yang membuat 1688 sangat digemari oleh importir lokal kita, cara belanja di 1688 bisa dikatakan mudah, ditambah lagi aplikasi 1688 juga sudah tersedia di app store dan play store..

JD

Jingdong Mall merupakan salah satu pesaing utama Alibaba. Platform ini diciptakan pada tahun 1998 oleh JD Multimedia, yang sekarang bernama JD.com Incorporation, dan awalnya bergerak di bidang media magnetik dan optik. Kemudian, perusahaan ini memperluas jangkauannya ke bidang elektronik, telepon, dan peralatan rumah tangga. 

Kategori barang tersebut tetap menjadi yang utama hingga saat ini, meskipun Anda juga dapat membeli pakaian, sepatu, produk kebersihan, mainan untuk anak-anak, dan masih banyak lagi di situs tersebut.

Keunggulan utama JD adalah infrastruktur logistiknya yang paling modern dari semua platform e-commerce China. JD memiliki 1.300 gudang, lebih dari 7.200 titik pengiriman, dan sekitar 200.000 karyawan layanan kurir. JD melakukan pengiriman barang menggunakan robot dan drone.

Pengunjung situs ini hampir 500 juta pengguna dan lebih dari 100 ribu penjual. Ada program dukungan untuk merek asing. JD dimulai sebagai pasar domestik, tetapi sejak 2012, ia telah memperluas kegiatannya dan menawarkan barang dan jasa di Tiongkok dan luar negeri.

Titip Import Barang dari China dengan Ducking!

Dari beberapa alternatif pengganti AliExpress di Indonesia, Anda tak perlu lagi khawatir untuk mendapatkan produk-produk China. Manfaatkan rekomendasi marketplace China di atas dan jangan lupa untuk menggunakan layanan Ducking yaitu jastip China untuk memudahkan transaksi Anda.

Ducking sudah sangat berpengalaman dalam membantu ribuan importir yang tersebar di seluruh Indonesia. Tunggu apalagi? Hubungi CS Ducking sekarang juga!

Tags


Artikel Terbaru