4 Langkah Bagaimana Cara Belanja di Alibaba!

21 Dec 2023 |
4 Langkah Bagaimana Cara Belanja di Alibaba!

Cara belanja di Alibaba ternyata masih banyak tidak diketahui orang lain, padahal, Alibaba merupakan platform marketplace yang berada dalam Alibaba Group. Jadi sudah pasti aman karena Alibaba merupakan marketplace dengan jangkauan terbesar di dunia. Alibaba menjadi tempat bertemunya jutaan penjual dan pembeli di seluruh dunia. Lalu, bagaimanakah cara belanja di Alibaba?

 

Daftar isi
1. Cara Belanja di Alibaba

1.1 Membuat Akun di Alibaba

1.2 Temukan Produk yang Dibutuhkan

1.3 Pilih Penjual

1.4 Order, Pilih Metode Pengiriman, dan Bayar

2. Penutup
 

 

Cara Belanja di Alibaba

Alibaba merupakan salah satu dari raksasa marketplace yang ada. Untuk dapat berbelanja di Alibaba tidaklah sulit, alibaba membagi produk menjadi 5900 kategori yang membuat Anda bisa dengan mudah mencari produk dari yang sangat umum, hingga segmented. Nah sekarang, mari mulai cara belanja di Alibaba.

1. Mulai dengan Membuat Akun di Alibaba

Sebelum mulai berbelanja, tentu saja Anda harus lebih dulu menyiapkan akun Alibaba. Membuat akun di Alibaba tidaklah sulit dan gratis, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa informasi yang harus diisi selama pembuatan Akun. Berikut ini adalah beberapa informasi yang dibutuhkan:

  • Country/Region.
  • Trade Role (Pembeli/Pembeli & Penjual)
  • Full Name
  • Email Address
  • Company Name
  • Telephone Number

Anda perlu mengisi berbagai informasi tersebut dan selanjutnya adalah pembuatan kata sandi dan melalukan verifikasi.

Baca juga: 4 Rekomendasi Marketplace Terbaik dari China

2. Temukan Produk yang Dibutuhkan

Setelah pembuatan akun selesai, maka Anda bisa mulai untuk mencari produk yang dibutuhkan. Alibaba sendiri memiliki 2 metode dalam mencari barang, yang pertama adalah pencarian biasa dengan memasukkan nama barang. Anda juga bisa lebih detail dengan memasukkan gambar agar produk yang keluar lebih akurat. Jangan lupa untuk atur beberapa kriteria seperti jenis, tipe, dan negara asal.

Yang kedua adalah metode Request for Quotation (RFQ). RFQ merupakan permintaan penawaran yang digunakan ketika Anda mengundang pemasok untuk menawarkan barang sekaligus harga. Anda hanya perlu mengisi permintaan pada suatu produk lewat fitur RFQ, setelah itu, pemasok akan segera menghubungi Anda.

3. Pilih Penjual

Jika Anda telah menemukan apa yang Anda butuhkan, selanjutnya adalah melakukan kurasi pada penjual. Ada lebih dari jutaan penjual di Alibaba dan Alibaba memiliki rekomendasi dengan melakukan sertifikasi pada penjual-penjualnya. Ada 3 tipe sertifikasi yang perlu Anda perhatikan di Alibaba, yaitu:

  1. Gold Supplier yang merupakan anggota berbayar di Alibaba dan sudah mendapat verifikasi sebagai penjual dengan kemampuan bisnis yang baik,
  2. Verified Supplier yang merupakan penjual yang memakai profile perusahaan. Biasanya, sistem manajemen dan produksinya sudah baik karena mendapat sertifikasi ini dari Alibaba,
  3. Trade Assurance Supplier atau pemasok yang menerima pembayaran dari Alibaba.

Dari ketiga tipe penjual tersebut, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, perhatikan juga ulasan atau review dari para pembeli agar Anda bisa tambah yakin dalam menemukan penjual yang cocok.

4. Order, Pilih Metode Pengiriman, dan Bayar!

Setelah ketiga langkah cara belanja di Alibaba diatas, Anda hanya perlu melakukan order. Hubungi supplier untuk melakukan pembelian, tanya kesediaan barang, detail produk, harga dan jasa pengiriman. Untuk pengiriman barang, Alibaba menyediakan beberapa pilihan ekspedisi seperti DHL, Fedex, dan EMS (Express Mall Service). Bagi Indonesia sendiri, pengiriman dengan EMS dan  atau DH adalah pilihan terbaik.

Untuk pembayaran Anda bisa menggunakan Rupiah. Pilihlah pembayaran Western Union, dengan metode pembayaran ini Anda bisa membayar di Kantor Pos, Alfamart, Indomaret, dan Pegadaian.

Baca juga: Ayo Mengenal Apa Itu Jasa Forwarder!

Belanja di Alibaba lewat Ducking Delivery?

Ducking Delivery memiliki jasa beli barang yang menjadi solusi bagi Anda yang ingin membeli barang dari website/marketplace di China, salah satunya Alibaba. Ducking Delivery akan mengurus mulai dari pembelian, pembayaran, pengumpulan barang, pengiriman, bahkan sampai barang tidak di depan rumah Anda!

Tags


Artikel Terbaru