Regulasi Import Barang dari China

12 Mar 2024 | Rizkynia Nabila

Jasa forwarder import merupakan layanan yang membantu perusahaan dalam proses impor barang dari luar negeri ke dalam suatu negara. Forwarder import berperan sebagai perantara antara perusahaan yang melakukan pengiriman dan tujuan akhir barang. Mereka tidak secara langsung melakukan pengiriman, namun mereka menyediakan berbagai layanan seperti pengurusan dokumen, asuransi, pemilihan rute terbaik, dan optimasi biaya untuk memastikan barang tiba dengan efisien dan aman

Manfaat menggunakan jasa forwarder import antara lain adalah kemudahan dalam proses impor, pengurangan risiko kesalahan dokumen, penanganan bea cukai yang lebih lancar, serta pemilihan rute pengiriman yang optimal. Forwarder import juga memiliki keahlian dalam negosiasi harga terbaik dengan pihak-pihak transportasi seperti maskapai penerbangan, perusahaan truk, dan perusahaan pelayaran transoceanic.

Selain itu, jasa forwarder import juga memberikan layanan tambahan seperti saran untuk mengoptimalkan biaya transportasi, asuransi kargo, kemasan yang tepat, pelaporan kinerja kustom, dan solusi yang disesuaikan untuk setiap proyek. Mereka juga memberikan nasihat terkait rantai pasokan, penyesuaian dengan aturan bea cukai, serta layanan penyimpanan dan logistik.

demikian, menggunakan jasa forwarder import dapat membantu perusahaan mengoptimalkan proses impor mereka secara efisien dan efektif.

Proses impor barang menggunakan layanan forwarder melibatkan beberapa langkah

Baca Juga : Cara beli barang dari China

Pengangkutan Ekspor


Barang diangkut dari lokasi pengirim ke gudang forwarder menggunakan berbagai mode transportasi seperti udara, darat, atau laut. Durasi pengiriman bervariasi berdasarkan faktor seperti jarak, lokasi, dan sifat barang.

 

Pemeriksaan Barang



Forwarder memeriksa dan memverifikasi kondisi barang yang diterima untuk memastikan mereka diangkut tanpa insiden.

 

Bea Cukai Ekspor
 


Sebelum dikirim secara internasional, barang harus mendapatkan persetujuan dari negara asal. Proses ini ditangani oleh broker bea cukai yang mengajukan detail kargo dan dokumentasi yang diperlukan.

 

Pengesahan Bea Cukai Impor



Setelah tiba di negara tujuan, pihak berwenang memeriksa dokumen bea cukai impor. Forwarder atau broker bea cukai yang ditunjuk bertanggung jawab atas pengesahan tepat waktu.
 

Kedatangan dan Penanganan Tujuan


menerima dan mengelola semua dokumen relevan saat kedatangan kargo untuk memastikan proses berjalan lancar

 

Pengangkutan Impor



Mirip dengan pengangkutan ekspor namun pada sisi impor, tahap ini melibatkan pengangkutan kargo dari gudang ke tujuan akhir penerima yang dimaksud.Dengan menjalankan langkah-langkah ini secara efisien, layanan forwarder memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis yang terlibat dalam perdagangan internasional. Forwarder mengoptimalkan rute dan opsi perjalanan yang disesuaikan dengan jenis barang tertentu, memastikan operasi internasional yang lancar dan pertumbuhan bisnis.